Selasa, 26 Juli 2011

GO TO BIRA ISLAND (PART 2)



               Nah,,,ini nih lanjutannya ceritanya.......

            HARI KEDUA (8 April 2011)
Pukul 05.00 WIB kami bangun,menunaikan solat subuh,bersih- bersih dan bersiap- siap untuk pengambilan data untuk mata kuliah Zoologi 1 Invertebrata dan Botani 1. Pukul 07.00 WIB kami sarapan dan pukul 08.00 WIB kami langsung pergi untuk pengambilan data di laut...Gag lupa nih kita membawa seua peralatan yang dibutuhkan termasuk air minum dan perbekalan makan siang, karena kita bakal nyampe siang nih pengambilan datanya di laut. Salah satu alasan kenapa kita mengambil data pagi- pagi supaya gag terlalu panas nih.
 Oh yah saya adalah anggota kelomok 12 . Teman- teman sekolompok saya adalah Rere, Maul,Nisa , Dini, dan Devi. Alhamdulillah nih bersyukur dapet teman- teman yang bisa di ajak kerja sama kerja keras,rajin,tekun dan bisa diajak susah bereng .



Sebenernya apa sih yang kita lakukan ???????
Untuk pengambilan data Zoologi Invertebrata kami akan mendata hewan invertebrata laut apa aja nih yang ada di sekitar Pulau Bira ini. Yang utama sih emng yang dilaut tapi yang di darat tidak lupa juga nih didata oleh kami. Untuk hewan- hewan invertebrata yang ada di darat kelompok saya mendapat tugas untuk mendata hewan- hewan yang termsuk ke dalam Filum Arthropoda, seperti misalnya insekta atau serangga. Nah untuk Botani 1 nya hari ini kami akan mengambil data untuk makroalga yang ada di laut.

Sebelum pengambilan data di laut kami memasang pit fall trap atau jebakan seangga di tanah  kuadran  kami.  
Untuk pengambilan data di laut ini nih yang kami lakukan.
1.       Kami akan pergi ke kuadran atau temapt yang telah ditentukan untuk mengmabil data. Nah kelompok kami dapat lokasi di belakang pulau dekat dermaga 1 . Jadi, kami berjalan dulu nih menyusuri hutan dengan jalan setapak. Sambil jalan menuju lokasi kami tidak lupa juga mengamati keadaan sekitar dan mengambil gambar hewan dan tumbuhan yang menarik.
2.       Setelah sampai lokasi , kami membuat transek / garis lurus dari bibir pantai ke tengah laut sepanjang 50 m yang nantinya akan kami membuat 10 plot setiap 5 meter. Kami juga meletakkan kuadrat yang telah kami siapkan sebesar 1x1 meter. Nah di dalam kuadrat inilah nanti data yang kita ambil.
3.       Transek yang kami buat tidak hanya satu nih tapi 5 transek jadi kalo di otal setiap kelompok akan mengambil data dari 50 plot.
4.       Setelah memasang  kuadrat kami akan mendata hewan hewan invertebrata dan makroalga apa saja yang ada di setiap plot dan menentukan juga jumlah serta estimmasi tutupannya dalam plot tersebut.
5.       Kami membagi bagi tugas ada yang mencatat di tepi pantai dan ada yang mengambil data.
6.       Persiapan diri juga penting nih kami disarankan untuk memkai als kaki dan kaos kaki karena di pentai ini banyak sekali bulu babi dan juga ikan  yang mirip banget sama karang tapi cukup berbahya karena beracun jadi harus  hati-hati.

Okeh kami siap mengambil data dan inilah bebeapa makroalga yang kami temukan 
Caulerpa sp
Padina sp
Turbinaria sp
Valonia sp
Euchema sp














 Nah ,,kalo itu makroalga ,,yang ini hewan- hewan invertebratanya nih.....


karang otak

Tridacna sp alias kima

Diadema sp (bulu babi)

Culcita sp (tampak bawah)

Culcita sp (tampak atas)

Diadema sp 1

ubur- ubur nih,,

ini penasaran juga apa namanya aneh juga,,diperkirakan sih molluca tapi entah jenis apa ..mungkin anda tau ??

Linckia sp

Holothuria sp alias tripang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar